Kuliah itu nyeremin.
Hal itulah yang sekarang ada dibenak gue, tepat setelah gue melihat hasil nilai semester 3. Suram. Bener-bener suram.
Sebenernya bukan hasil gue doang yang suram. Kebanyakan temen gue pun ketika gue tanya mengenai nilai semester 3, mereka sambil mencakar-cakar pagar rumahnya dan dengan ganas menjawab :
“SURAAAAAAAM !!!”
Sebagai manusia, mungkin gue bisa aja menyalahkan kebijakan kampus yang seenaknya mengubah kurikulum lama menjadi kurikulum Learning Outcome yang berlandaskan pada kurikulum Jepang.
Katanya sih, gitu.
Jadi, sekarang kampus gue memberikan standar kompetensi nilai kelulusan suatu mata kuliah pada nilai C- yang jika dikonversi dalam angka setara dengan nilai 55. Otomatis, kalau ada mahasiswa yang nilainya dibawah C-, ya harus remedy atau ngulang semester berikutnya.
Sejauh ini, gue masih bisa menerima… Sebelum kebijakan Learning Outcome bener-bener dijalankan.
Yang bikin rusuh dari kebijakan Learning Outcome adalah penilaian yang didasarkan pada setiap bab.
Penjelasan gue berantakan banget, jadi, coba gue kasih sebuah contoh :
Mata kuliah Hidraulika 2 terdiri dari 4 bab, diantaranya :
Bab 1. Saluran Terbuka
Bab 2. Saluran Tertutup
Bab 3. Saluran Terbuka tertutup
Bab 4. Loncat air
Jadi, penilaian Learning Outcome ya dari masing-masing bab. Misalkan Bab 1 kita dapet nilai 100, Bab 2 dapet nilai 98, Bab 3 dapet nilai 99, tapi Bab 4 cuma dapet nilai 54, ya tetep aja nilai akhir mata kuliah hidraulika 2 C- dan harus remedy atau ngulang semester berikutnya.
Mengerikan.
Xxxxx
Kita lupakan pembahasan mengerikan di atas dan mari kita ikuti cerita yang bakal gue bikin dibawah ini.
“Feb, nilai Hidraulika 2 lo dapet apa?” Disuatu pagi yang cerah, disaat ayam berkokok dengan nyaring, dikala gue lagi ‘emmuuah-emmmuuaaahan’ sama Beby lewat pesan BBM, pesan dari Ahmad Yulianto masuk di ponsel gue.
Kayaknya kita harus kembali masuk ke pembahasan yang lebih mengerikan dari paragraf diatas.
“D+, Ye” Gue membalas pesan Ahmad Yulianto sambil mencakar-cakar layar hape.
“Waaaaa sama Feb. Gue juga D+. Kita samaan. TOSS!!!” Untuk pertama kalinya gue liat ada orang dapet nilai D+ malah kegirangan.
“Yeay ! Hore ! D+ !” Gue membalas, tak kalah girang.
“Nanti sore kita ke rumah Bu Dosen yok Feb, tanya-tanya apa yang salah dari hasil ujian kita”
“Yok!”
Sore harinya, selepas Shalat Maghrib, Gue yang dianterin sama Beby beserta Ahmad Yulianto yang dianterin sama Himawan Dian pun berangkat ke rumah Bu Dosen. Rumahnya lumayan jauh dari Afrika. Kalau ada yang rumahnya daerah Jogja, pasti tau Jalan Kaliurang KM 19.6. Ya, di sanalah rumah Ibu Dosen gue.
Sesampainya di depan gerbang rumah Bu Dosen, Ahmad Yulianto terpana, Himawan Dian Terpesona, Gue mangap, Beby meluk gue yang lagi mangap.
“Rumahnya… Gede banget” Gue nyerocos kagum.
“Edan banget rumahnya” Himawan Dian menimpal.
“Joss tenan” Ahmad Yulianto tak kalah kagum.
KAMI. MEMANG. KAMPUNGAN.
Gue, Himawan Dian, dan Ahmad Yulianto pun masuk menemui Bu Dosen. Sementara Beby, dia menunggu di teras rumah karena pada waktu yang bersamaan dia ditelpon Mamanya.
Didalam rumah, Bu Dosen mengoreksi hasil pekerjaan kami.
“Febri Dwi Cahya Gumilar?” Bu Dosen memanggil nama gue. Secara reflek, gue pun duduk di depan beliau.
Ada hening untuk beberapa saat. Beliau mengamati muka gue, kemudian menggelengkan kepala. Hingga akhirnya, beliau berucap sambil menunjukkan hasil ujian gue.
“Udah keliatan kalau nggak bisa ya mas”
Gue nyengir.
“Kamu ngerjainnya kurang teliti mas. Ini hitungan kamu salah” Ucap beliau sambil menunjukkan hasil perhitungan gue.
A = 5 + (6 + 4) 0.5 x 4
A = 5 + 20
A = 25
“Memangnya perhitungan saya salah dibagian mana ya, Bu? Sepertinya bener deh, Bu” Gue mencoba mempertahankan pendapat.
“Harusnya dijumlah dan dikaliin semuanya dulu, baru dibagi 2” Beliau menerangkan dengan sabar.
“Loh, aturan kan yang didalam kurung dihitung lebih dulu, terus dibagi 2 dikali 4 terakhir di tambah 5, Bu” Masih, gue masih terus mempertahankan pendapat.
Beliau kembali menatap muka gue. Dengan penuh iba, beliau menggambarkan sebuah trapesium di kertas.
“Ini ilustrasinya. Trapesium. Inget. Trapesium” Bu Dosen masih menjelaskan dengan sabar.
“Loh… Kirain ngitungnyaaa….”
“Kirain bagaimana toh. Ini itu rumus trapesium. Jumlah sisi sejajar dikali tinggi dibagi 2” Kesabaran Bu dosen mulai habis.
“Ooooh… Iya Bu.”
Gue nyengir.
“Salah semua. Besok remedy semua bab ya, Mas” Bu Dosen mengakhiri percakapan dengan tenang, namun cukup kejam.
Remedy semua bab.
Gue masih terus nyengir.
Selesai dengan urusan konsultasi nilai, kami pun beranjak pulang. Didepan teras rumah, Beby dengan tenang masih menunggu. Dengan muka yang agak kusut, gue mendekat ke Beby.
“Pulang yuk” Ucap gue dengan nada kecewa.
“Iya. Udah selesai konsulnya?” Beby bertanya dengan antusias.
“Udah, Yank” Suara gue sedikit tertahan, takut mengecewakan.
“Gimana hasilnya?”
Gue pun memandangi Beby. Dengan kemeja lengan panjang serta rambutnya yang dia biarkan terurai, dia menunggu jawaban.
“Ini” Ucap gue sambil memberikan 2 lembar kertas hasil perhitungan gue yang penuh dengan coretan tinta merah tanda bahwa perhitungan gue salah.
Beby memperhatikan kertas-kertas itu sebentar, kemudian dia kembali menatap gue dengan penuh rasa sayang. Diikuti senyum simpul yang menghias wajah, sambil meraih kedua tangan gue, dia berucap pelan :
“Nggapapa sayang. Besok belajar lebih keras lagi ya? Aku sayang kamu”
Malam itu, dengan hembusan hawa dingin daerah kaliurang, kamu pun beranjak pulang.
Setuju tuh feb,
Semester ancur2nya itu di semester 3 hahaha *malahcurhat.
Semangat terus feb. Kejar impian lo sampe negeri cina,biar kaya poo *pepatah haha 😀
Hahaha sama juga ternyata ya Sel 😀
kayaknya semester 4 5 6 7 bakal ngeri juga deh 😀
hihihi siiiaaap Sel. makasiiiih yohooo 😀 kamu juga yaaaa
Tuh, kan. Harus lebih semangat belajarnya. 😀
harus banget :’ tapi agak santai dikit ah 😀
Biar ga terlalu serius, ya. 😀
santai tapi serius deh :p
Bukannya serius tapi santai? 😮
ya beda tipis mbk ._.
Tipis aja, kan. Ga tebel-tebel. Tipis seberapa?
setipis kue lapis legit mbak ._.
Lapis legit itu agak tebel sih.
iya lapis legit yang berbahan sutera ._.
Sutera dari apa? Hm…
Sutera dari kain tenun mbak. *ini mbahas apa ya mbak wkwkw
Dari bulu domba? *haha jadi ngalor-ngidul* 😀
Iya, dari bulu matanya domba ._.
Bulu mata? Lah. Kecil dong.
WKwkwkw iya kecil gitu :p
Ayooo cemunguuuud.. Apalagi ada Beby tercinta … 😃
Wuhiiiiiihihihi iya nih Mbak Wi 😀 semangat selalu deh jadinya 😀
Iya dong wajib kudu harus cemunguuudh atuuh…
Semester 3, masih panjang tuh perjalanan,,, 🙂 Semangat yaaa..
masiiiih panjang banget :’
selalu semangat mas. makasih yahaaa 😀
belajar jangan keras2, ntar malah gak masuk. mending lebih giat aja. hehe
setuju juga nih. terlalu keras, nanti edan 😀
siiiaaap Man 😀
Belajar yang santai aja feb, biar nikmat.
Lagian sekarang udh ada Beby yang nyemangatin. Ya jangan cemen lah.
Nah, iya juga sih. santai tapi serius. 😀
iya, nggak boleh cemen 😀 malu atuh 😀
SEMANGAT MAS FEB WOY ANAK TEKNIK MESTI SEMANGAT!!! *Ngibarin bendera slank*
Ciee Beby romantis cieee.
Hahahahahaha kamu juga semangat Dev 😀 anak teknik juga kan, si pejuang maket :p
ciyeeeee semua romantis cieee 😀
Itu nilai semua bab maksudnya gimana deh feb? emang ulangannya satu bab satu bab?
ya gini Bang. maksudnya, tiap bab di ujianin dan minimal semua bab harus dapet nilai 55. misal ada 5 bab. 3 bab di UTS, 2 Bab di UAS. semua harus nilainya diatas 55. temenku ada yang nilai aslinya itu A- tapi gara-gara sistem LO, nilainya jadi C- karena salah satu bab nilainya dibawah 55
Ngeri banget itu mah kalau satu BAB aja rendah jadi ngulang lagi. Enakan yang dirata-ratain tiap BAB ya. Untung aja gue udah wisuda..
sekali lagi..
sudah wisuda….. HAHAHAHAHA
sebelumnya sih gitu mbak, dirata-rata tiap bab. tapi semenjak kehadiran sistem LO. bubrah semuanya :’
WOoooooi yang udah wisuda, selamat.
sekali lagi…
SELAMAAAAAAT ._________________.
bener banget~
semester tiga itu emang nyeremin feb. nilai paling anjlok.
semester tujuh juga nyeremin, soalnya aku pernah dapet nilai E dan itu mata kuliah bobot 4 sks:’) bayangin feb, nilai E :’) tapi untungnya sekarang tinggal sidang skripsi~
selamat menempuh semester-semester selanjutnya feb! XD
duh, udah mulai ngeri ini semesterku :’
4sks dapet nilai E itu anjloknya parah mbak. aku pernah ada mata kuliah yang awalnya 2 sks nilainya A/B tiba-tiba karena kurikulum baru, mata kuliah itu bobotnya jadi 4sks, otomatis nilaiku turun jadi B-. parah :’
hahaha aku semangat deh mbak buat semester-semester berikutnya
Gilak. Itu. Rumah. Dosen. Kamu. Gede. Banget. Yank. :’
kamu tercengang juga ternyata ya sayang :*
Tapi sereeeeem! Enak jugak rumah kamu. Hihihi.. 😛
CEPEEET KESINIIII. AKU RINDUUUU
aku juga tercengang sayang :***************************************
ngiiisiiiiing broood 😀
Sabar ya, Sayang.. Bentar lagi kok :*
Amin 🙂 ditunggu sayangku :*
Ahahah.. Aku belom kenalan sama Bang Brod 😀
Bentar ya.. Ada banyak hal yang harus dikelarin dulu urusannya :*
Hihihi kenalan dulu sayang :* dia sahabat terbaikku :*
iya sayang :* pasti ditunggu kok 😀
Nantik kalok uda pindahan yaaa 😀
Iya sayang :*
Waaah Kaliurang 19.6. Deket tempat nginep gue pas di Jogja kemaren! Tapi gak penting sih. Yaudah.
Buset parah bener ya? Untungnya lo ada temen senasib, Feb. Kalau sendirian, gak tahu deh gimana rasanya.
kenapa gue nggak tau kabar kalau lo ke Jogja sih :’ gue temen blogger macam apa 😦
Iya bujubuneng banget Us ._. biar ada temennya, tetep makjleb juga sih :’
Feb jangan belajar keras-keras nanti sakit, belajar mah yang enak-enak aja nanti nikmat. Yang penting mah semangat, cari celah, dan jangan lupa maen.
Oh iya Mbak Fasya, akan aku ingat pesanmu di twitter dulu. santai, selow aja ya kuliah itu :d dinikmati :3.
makasih banyak Mbak Fasya, saranmu tentang kuliah emang numero uno 😀
semester 3 itu adalah masa terjelek jaman kuliah dulu. nilaiku anjlok ahahahaha banyakan bolos ;p
semangat ya febri, buat balance aja anatara belajar dan fun.
good luck!
semester 3 memang parah ya brati mbak ._. kalau 4, 5 ,6 ? parah juga nggak mbak?
hihihi bukan bolos atuh mbak, kan diperkuliahan memang dikasih 3 kali pertemuan buat nggak berangkat :p
Amin mbak. pastiii semangat deh 😀
makasih, mbak Nisa 🙂
Semangat….semester 5 lebih berat lagi soalnya,hahahaha. Aku mulai turun berat badan di semester ke 4 dulu. Eh beteweh, semester 3 udah dapet hidrolika 2 ya? semester itu aku baru ngulang mekanika fluida, bahahahaha
seriusan :’ oh my god :’
aaakh, turun berat badan? bukannya bagus ya mbak? :p
eh, bentar? teknik sipil juga? AJARIIIIIIIN 😀
iya nih, hidraulika 2 di semester 3. tapi aku mau ngulang hidraulika 1 juga ._. aku nggak cocok sama mata kuliah air mbak ._.
Ya kalo turun berat badannya sampe sepuluh kilo udah nggak enak kali ya :).
Kalo jaman gue dulu hidrolika 2 masuk mata kuliah pilihan anak anak yg ngambil konsentrasi hidro. Dulu gue juga anti banget sm matakuliah air, tp setrlah lanjut lagi malah ngambil hidro dan kerjanya jg seribg nguprek2 data hidrologi, sesuatuh yah 😀
Tapi aku sekarang beratnya kan 80kg. kalau turun 10kg jadi 70kg. ideal, udah bisa kayak Ade Rai aku mbak 😀
Kok gitu ._. hidro 2 sekarang masuk disemester 3 dan matakuliah wajib :’
kok mbak fin berani banget ngambil hidro sih :’
Dulu sih hidro 2 ya cuma anak hidro yg dapet, dan dulu emang anti banget sama aer, eh tp pas ngelanjut justru nyesel kenapa nggak ngambil hidro justru malah ngambil geoteknik yg justru aku sendiri kgak ngerti, hahahahahaaw
Loh? Kok nyesel sih mbak? ._. aku justru hidro yang bener-bener nggak ngerti. rumusnya turunan semua :’ kalau geoteknik itu yang ,mekanika tanah, pondasi bukan? mekanika tanah aku ngerti mbak :’
Entah kenapa nggak ada yg mudeng, mendingan ngitung debit sungai dan sejenisnya,.hihihihi *ah jadi nostalgia ini 😛
ngitung debit kalau A sama V diketahui aku bisa mbak. tapi kalau harus pakai rumus meaning, chezy blablabla matilah kita 😀
lebih suram lagi masa depanmu klo gak tamat kuliah dek,
kamu beruntung, jad hrs bersukur krn kamu salah satu diantara satu berbanding puluhan ribu anak Indonesia seusiamu yg tidak melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi krn alasan finansial
makanya semangat kulian!!!!
Ini bener banget :’
makasih banyak Mas Dedy :’ harus bener-bener semangat dan termotivasi atas keberuntunganku itu :’
sekali lagi, makasih banyak mas Dedy :’)
remidy waktu kuliah? kirain waktu SMA aja. ya, target kami (aku dan temen2 SMA) adalah mencapai SKM (standar kelulusan minimal) biar gak remidy, gak lagi nilai 100. jauh. kalo jaman kuliah aku gak tau pernah remidy sebab sama gurunya cuma disuruh kumpulin tanpa dicocokin, diperiksa atau bahkan dniliai. jadi gak tau benernya di mana salahnya di mana.
kampusku ada remedinya. kampusku memang keren mbak :p
Iya, kalau di SMK dulu, guru-gurunya pada baik hati, nilai kami dibikin semuanya diatas standar kelulusan minimal mbak.
tapi kalau kuliah, entah deh :’
wah… ini Febri toh… salam kenal yo…
untungnya saya tidak ambil jurusan itu. mbacanya aja dah njlimet bin susah bin pusing bin gak tidur bin kurus.
Wohooo Mas Ryan 😀 salam kenal juga mas 😀
ya kalau misal Mas Ryan pengen ngulang kuliah lagi, saya saranin jangan ambil jurusan ini deh ya :’ wkwkwk
btw, aku belum kurus juga ya masuk jurusan ini :’
Uih… ndak deh. Makasih. hahahahaha.
jadi harapannya masuk sini agar kurus ya?
Hahaha ya nggak biar kurus juga sih :’ tapi, kalau bisa, kenapa enggak :p
hahaha. jangan. kasian Beby nanti. gak berasa kalau pelukan. 😛 *dikeplak*
Aaah, masih kerasa atuh Mas kalau pelukan doang :p
Hahaahahaha
Semangat Feb (tadi nulisnya Beb, susah bedainnya jadinya) besok2 kalau kerumah dosen bawain duren dari Medan aja
Waaa makasih banyak Mbak 🙂 hihihi susah bedainnya, susah juga dipisahin. Amin :p. Kalau dengan cara itu bisa bikin nilaiku A mah oke atuh Mbak :p
jadi kangen jaman kuliah sekira 5 tahun lalu, salah satu paling nganenin itu saat suruh presentasi kelompok di depan kelas, hahahahaha
Wah, udah lama juga mas kalau 5 tahun lalu :p
hahaha iya nih, tempatku juga lagi sering-seringnya presentasi 😀
sepertinya jaman skr ini sistem penilaian lbh keras dari yg lulusan angkatan 2006 ya :D.. prasaan aku ga semenyeramkan gitu pas kuliah -__-
Semangat Febri ^o^
lebih keras banget mbak Fan. kita diharuskan menguasai semua bab. ngeri parah. beruntunglah kamu mbak :p
Makasiiiih Mbak 🙂
Niat banget ya sampe ngedatengin rumah dosen buat ngebenerin nilai.
Iya bang. tapi tetep aja nilainya nggak bener-bener, tetep D gitu ._.
Hmm,,, mata kuliah apakah itu? saya tidak tau.
Tetap semangat Feb, Buktikan ke Kak Beby lo bisa mengatasi masalah ini. Karena dalam hubungan ada masalah yang lebih rumit.
jangan coba cari tau tentang mata kuliah itu Yu. menyeramkan 😀
Siaaaaap Yu 🙂 makasih banyaaaak 😀 wohoooo masalah rumit dalam hubungan pasti bakal gue coba atasi 🙂 thanks, semoga langgeng kayak lo sama Melly 😀
gak, gue cukup sama masalah kampus gue aja. gitu
Duilee.. amin.
Huaaa uda cukup deh mengalami kuliah dan ujian heheee, skrg tinggal cari duit dweh..mampir ke http://www.gembulnita.blogspot.com ya
Waaaaaa, enak banget sekarang tinggal nyari duwit :’ aku susul ah 😀
siaaap mbak 🙂
Sistem penilaiannya agak alakazam, ya. Memang sih, di satu sisi “memastikan” pemahaman mahasiswa itu menyeluruh pada “semua” pokok bahasan, tapi kadang agak keterlaluan juga kalau kegagalan pada satu pokok bahasan menjadikan yang diulang adalah semua bab dalam mata kuliah itu :hihi.
Dan dosenmu itu cara menghitungnya agak… ajaib, kalau menurut saya :hehe. Tapi kalau dibahas lebih jauh, takutnya ada polemik yang mirip dengan soal 4 x 6 dan 6 x 4 lagi :))
But overall, kocak banget pengalaman yang satu ini! :haha
Sistem macam apa ituuuuuuu? Ya Tuhaaannn. Tidak adil! Benar-benar nggak adil. Kacau! Remed terus gue kalo sistemnya begitu. 😦
Ah, di akhir tulisan. Romantis. :))
Ya itu dia yang dikeluhin mahasiswa teknik sipil di kampus gue. masalahnya, cuma jurusan gue doang yang pake sistem itu. parah.
hihi makasih Yog 😀